5 Tahun Ditinggal KYPA dan Plan Internasional Indonesia, SDN 1 Dadapan Tetap Lanjutkan Kegiatan Sekolah Aman Bencana

Selasa, 24 April 2019 SDN 1 Dadapan, Kecamatan Sedan dikunjungi oleh tim konsultan Longitudinal Studi terkait dampak dan keberlanjutan program Penguranan Risiko Bencana (PRB) dan sekolah aman bencana yang pernah dilaksanakan oleh KYPA yang merupakan lembaga non pemerintah dari Yogyakarta yg konsen dalam bidang pendidikan kebencanaan di sekolah dan masyarakat bersama Plan Internasiaonal Indonesia pada tahun 2012 sampai 2014 di Kabupaten Rembang.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan anak anak tim siaga sekolah, guru, kepala sekolah, komite sekolah, orang tua murid dan perwakilan tokoh masyarakat. Kunjungan ini dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian, penyambutan dilakukan dengan tarian “Dolanan Blarak Sempal”, yang dibawakan oleh anak anak tim siaga bencana sekolah, selanjutnya pertunjukan pentas boneka tangan dengan cerita bertema pengurangan risiko bencana sebagai upaya mengkampanyekan pengurangan risiko bencana bagi anak anak.

SDN 1 Dadapan, yang pada tahun 2013 memperoleh predikat juara 1 tinkat Regional ASIA versi Plan Internasional. Semangat juara masih terlihat hingga saat ini yang ditandai dengan masih berlanjutnya kegiatan secara mandiri, seperti simulasi mandiri, regenerasi tim siaga bencana, dan pendidikan pengurangan risiko bencana melalui formal dan non formal.

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *