Pandemi membawa banyak sekali gelombang tantangan bagi dunia pendidikan Indonesia. Langkah adaptif kemudian menjadi wajib bagi setiap insan pendidikan di Indonesia. Memasuki tahun ketiga dunia pendidikan bisa berkaca bahwa kita mampu bertahan dari banyak sekali persoalan yang muncul melalui program Merdeka Belajar. Dalam pidatonya Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makariem mengibaratkan Merdeka Belajar sebagai sebuah kapal yang berhasil melewati terjangan ombak permasalahan yang timbul akibat pandemi.

“Hari ini, saudara-saudariku adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dan rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.

Bupati Rembang Abdul Hafidz sebagai Pembina Upacara
Bupati Rembang Abdul Hafidz sebagai Pembina Upacara

Di tengah hantaman ombak yang sangat besar, kita terus melautkan kapal besar bernama Merdeka Belajar, yang di tahun ketiga ini telah mengarungi pulau-pulau di seluruh Indonesia,” ujar Nadiem dalam pidatonya yang juga dibacakan oleh seluruh Pembina Upacara di Indonesia.

Semangat Merdeka Belajar yang dikobarkan sejak awal pandemi diharapkan bisa menyala di seluruh jiwa insan pendidikan di Indonesia, termasuk Rembang agar kita bersama mampu menyelamatkan mimpi-mimpi yang runtuh akibat pandemi dan bisa bangkit, berdiri, bahkan berlari mengejar mimpi yang telah ditempatkan bahkan sebelum pandemi ini berakhir.

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten menggelar upacara di halaman kantor Bupati. Dihadiri oleh jajaran Bupati, Wakil Bupati, Keluarga Dindikpora dan sejumlah organisasi dan instansi yang bersinggungan dengan pendidikan. Berbarengan dengan pelaksanaan upacara yang di selenggarakan di sekolah-sekolah.

Penghormatan Bendera Upacara Peringatan Hari Pendidikan 2022
Penghormatan Bendera Upacara Peringatan Hari Pendidikan 2022

Upacara digelar dengan minimalis namun tetap khidmat, memaknai Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 sebagai momentum bersama untuk tetap bertahan dan menjadi lebih baik lagi kendati benang kusut permasalahan pendidikan Indonesia masih banyak dan belum terurai sempurna.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022, semoga pendidikan Indonesia masih tetap bisa memelihara mimpi anak-anak Indonesia.

Dokumentasi  :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.