Bertempat di Aula Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, tanggal 23 April 2019 baru-baru ini telah dilaksanakan Forum Group Discussion (FGD) Longitudinal Studi Dampak dan Keberlanjutan Program Pengurangan Risiko Bencana di Kabupaten Rembang.

Diskusi tersebut dihadiri oleh  sejumlah perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Rembang. Sebanyak 12 peserta yang terdiri dari 3 orang perempuan dan 9 orang laki laki, mendiskusikan tentang perubahan apa yang terjadi selama kurun waktu sepuluh tahun dari sisi ancaman dan upaya pengurangan resiko bencana, termasuk apa yang bisa dilakukan anak laki laki dan anak perempuan dalam mengurangi risiko bencana.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari penelitian yang dilakukan oleh Yayasan Plan Internasional Indonesia mulai tanggal 22-24 April 2019. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah warga sekolah di SDN Dowan, Kecamatan Gunem dan SDN 1 Dadapan, Kecamatan Sedan serta sejumlah perwakilan dari OPD di Kabupaten Rembang, diantaranya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Bappeda, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan KB, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Kantor Kementerian Agama, Palang Merah Indonesia, Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Kabupaten Rembang. Kegiatan ini juga melibatkan sejumlah pemuda dan pemudi yang di tahun 2008 yang terlibat aktif sebagai  anak tim siaga bencana di sekolah dan di desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.